Selasa, 24 Desember 2013

artikel pendidikan

ARTIKEL
MATAKULIAH JURNALISTIK
LOGO IHD WARNA JDI
JEDA SEMESTER SMK N 3 SINGARAJA :BERSATU DALAM KREASI










Oleh
KOMANG SUDIASA
10.1.1.1.1.3833







mangdik62@gmail.com






JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU
FAKULTAS DHARMA ACARYA
INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR
2013





Jeda Semester SMK N 3 Singaraja : Bersatu dalam Kreasi
(Oleh: Komang Sudiasa)

Sekolah merupakan suatu tempat atau wadah bagi orang-orang yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak bisa menjadi bisa dalam menuntut ilmu pengetahuan untuk mencapai cita-cita yang ingin dicapai, setiap siswa menginginkan dalam langkahnya  menuntut ilmu agar mendapatkan nilai yang baik dan memuaskan.  Belajar adalah hal utama bagi para siswa, maka dari itu siswa belajar dan terus belajar didalam mengikuti pembelajaran. Siswa SMK N 3 SINGARAJA tidak hanya teori yang mereka pelajari atau yang mereka dapatkan, melainkan dalam hal Praktek pun mereka dapatkan, ini sudah barang tentu karena sekolah ini merupakan sekolah kejuruan ditambah sekolah ini pernah bertaraf sekolah RSBI.
Sekolah kejuruan merupakan sekolah yang mencetak tenaga kerja atau orang-orang yang unggul dengan ilmu teori dan praktek yang dimiliki dalam bidangnya.yang siap kerja. Setelah penat dengan pikiran bergulat dengan pelajaran yang dihadapi siswa selama proses belajar mengajar selama tiga bulan, pada tanggal 25-28 September 2013 seluruh siswa SMK N 3 Singaraja mengikuti kegiatan jeda semester. Dalam kurun waktu empat hari ini, seluruh siswa diberikan kesempatan untuk beristirahat sejenak dari aktivitas akademik untuk menampilkan kemampuan mereka dalam bidang kesenian. Pementasan berbagai kreatifitas siswa dilaksanakan di lapangan basket, para siswa tidak hanya duduk diam dan menonton, namun juga tampil  mewakili kelasnya masing-masing. Mulai dari pementasan drama atau teater, paduan suara, karaoke, band dan musik dibalut dalam pertunjukan yang apik dan kreatif. Masing-masing kelas berusaha memberikan suguhan yang istimewa dengan cara mereka. Tidak heran, jika tak jarang apa yang ditampilkan oleh para siswa mengundang gelak tawa penonton. Penampilan para siswa tidak instan namun mereka melalukan latihan-latihan hari sebelumnya sehingga penampilannya sesuai dengan harapan.
Kegiatan tengah semester ini rupanya tidak hanya dijadikan ajang memupuk rasa kebersamaan di antara para siswa namun dewan guru SMK N 3 Singaraja pun tidak ketinggalan untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Beberapa orang guru sempat menunjukkan kebolehannya dalam hal bermusik dan tarik suara. Dengan demikian, baik para guru dan siswa berkolaborasi untuk mengisi kegiatan tengah semester dengan maksimal. Pada hari ke empat tepatnya tanggal 28 September 2013 kegiatan jeda semester diisi dengan persembahyangan dalam rangka Tumpek Wariga dan dengan kegiatan Dharma Wecana oleh Bapak Kepala Sekolah tentang konsep dan filosofi dari peringatan Hari Tumpek Wariga yang dikaitkan dengan penerapan muatan local dalam implementasi Tri Hita Karana khususnya aspek lingkungan utamanya tumbuh-tumbuhan yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan dunia pendidikan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar